Cara Membuat Akun Bisnis Wa 2021

cara membuat akun bisnis wa – Halo temten-temen, gimana nih kabarnya? Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat akun bisnis wa lengkap banget. Intinya adalah whatsapp bisnis merupakan aplikasi yang dibuat oleh Mark Zuckenberg.

Akrab dengan bisnis Whatsapp? WhatsApp Business adalah salah satu aplikasi obrolan yang ditujukan untuk pemilik bisnis. Pada 2018, WhatsApp merilis aplikasi dan menerima antusiasme rakyat Indonesia.

Keberadaan bisnis WhatsApp dapat menjadi aplikasi alternatif dari obrolan bisnis khusus yang sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis, terutama orang-orang bisnis online. Aplikasi ini membantu banyak calon pembeli untuk berkomunikasi dengan penjual. Mereka bisa bertanya-tanya terlebih dahulu sebelum membeli barang.

Cara Membuat Akun Bisnis Wa
Foto oleh Pixabay dari Pexels

Bisnis Whatsapp juga merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan. Karena, di Indonesia ada banyak orang yang menggunakan WhatsApp. Jadi, orang-orang bisnis tidak perlu meminta calon pembeli untuk menginstal WhatsApp hanya untuk fasilitas komunikasi.

Lalu apa perbedaan antara bisnis Whatsapp dengan WhatsApp Messenger? Apa manfaat dari whatsapp bisnis dan bagaimana cara membuatnya?

Nah dalam artikel ini, kami akan membahas secara menyeluruh tentang bisnis whatsapp untuk Anda.

Baca juga Cara bermain roleplayer di telegram

Apa itu whatsapp Bisnis?

WhatsApp Business adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk pemilik bisnis yang dapat diunduh secara gratis. WhatsApp khusus dibuat untuk pemilik usaha kecil, seperti usaha kecil dan menengah (UKM).

Fitur Rilis Bisnis Whatsapp yang akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Anda dapat membalas pesan secara otomatis, mengurutkan pesan, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Selain itu, Anda dapat mengunduh bisnis Whatsapp di sistem operasi Android dan iOS. Karena pertama kali diluncurkan, Indonesia mungkin bangga menjadi negara Asia pertama yang menggunakan aplikasi ini. Kemudian hanya diikuti oleh negara-negara lain seperti Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat.

Cara Membuat Bisnis Whatsapp

Cara Membuat Akun Bisnis Wa
Foto oleh Tobias Dziuba dari Pexels

Sebelum mengetahui fitur yang lebih lengkap dan manfaat bisnis Whatsapp, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana membuat bisnis WA. Inilah cara membuat bisnis whatsapp:

Unduh bisnis Whatsapp

Anda perlu mengunduh aplikasi WhatsApp Business di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Masukkan nomor telepon

Setelah aplikasi WhatsApp Business diinstal, Anda harus mendaftar menggunakan nomor ponsel Anda. Ini bagus, gunakan nomor telepon bisnis khusus untuk membuatnya lebih mudah untuk proses verifikasi. Selain itu, nomor khusus juga mencegah masalah pribadi dan urusan bisnis Anda.

Lengkapi profil bisnis Anda

Proses selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah menyelesaikan profil bisnis Anda. Bagaimana, klik menu Pengaturan> Pengaturan Bisnis> Profil. Pastikan informasi yang Anda daftar akurat dan sesuai dengan detail informasi bisnis Anda, seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, kategori, email, dan situs web.

Atur menu Balas Pesan Otomatis

Anda perlu mengatur dan menulis pesan balasan untuk fitur balasan pesan otomatis. Fitur ini akan memudahkan Anda untuk membalas pesan pelanggan di luar jam kerja. Langkah-langkah untuk menyesuaikan pesan otomatis adalah:

Klik Pengaturan> Pengaturan bisnis> Pilih pesan tandang / pesan ucapan / opsi balasan cepat.

Maka Anda dapat menyesuaikan pesan balasan otomatis. Anda juga dapat mengatur waktu pengiriman pesan, keduanya setiap saat dan pada waktu-waktu tertentu.

7+ Fitur Bisnis Whatsapp yang tidak boleh dilewatkan

Meskipun sama-sama aplikasi obrolan, bisnis Whatsapp dan WhatsApp Messenger tidak sama. Ada sejumlah fitur bisnis Whatsapp yang tidak akan Anda temukan di WhatsApp Messenger.

Fitur yang terkandung dalam bisnis Whatsapp dikhususkan untuk interaksi dengan lebih mudah dengan pelanggan dengan banyak.

Apa saja fitur spesifiknya? Lihat diskusi di bawah ini!

Nama Akun Pengguna

Hal-hal teknis yang membedakan bisnis Whatsapp dengan WhatsApp Messenger sedang menetapkan nama akun.

Pada WhatsApp Messenger Anda dapat mengubah nama akun sesuka Anda kapan saja. Anda bahkan dapat memasukkan emoji atau karakter apa pun dalam nama akun WhatsApp Messenger Anda.

Namun, dalam bisnis Whatsapp ada beberapa ketentuan untuk membuat nama akun bisnis resmi yang harus dipatuhi. Ketentuan ini meliputi yang berikut.

  • Anda mungkin tidak menulis nama akun bisnis resmi dengan huruf kapital. Kecuali akronim dan hanya huruf pertama yang dalam kata yang dapat diterapkan.

Berikut ini adalah contoh penulisan nama akun bisnis WA yang benar dan salah:

Benar: Pria Muslim dan Wanita Umi Kulsum

Salah: Pria dan Wanita Muslim Umi Kulsum

  • Harus ada spasi tambahan di antara kata-kata. Jika nama bisnis Anda terdiri dari dua kata, kata pemisah hanyalah ruang.
  • Jangan tambahkan tanda baca.
  • Jangan gunakan emoji, simbol, dan karakter khusus apa pun (~! @ # $% ^^ & * () _ + :; {} /? ‘”<>)
  • Jangan tambahkan karakter non-alfanumerik (karakter yang tidak dalam bentuk angka atau huruf).
  • Tulis merek WhatsApp dengan benar. Tidak WhatsApp, aplikasi Whats, WhatsApp, atau suka.

Selain itu, nama bisnis Anda tidak boleh hanya terdiri dari:

  • Nama lengkap seseorang
  • Istilah umum (contoh: pakaian)
  • Lokasi Geografis Umum (Contoh: Jakarta)
  • Kurang dari tiga karakter

Ketentuan-ketentuan ini harus diikuti agar akun bisnis Anda terdaftar sebagai “Akun Bisnis Resmi”. Jika Anda mengubah nama bisnis, Anda dapat menghilangkan status “Akun Bisnis Resmi”

Jadi pastikan dulu nama akun bisnis yang akan Anda buat, ya!

Profil

Profil pada bisnis Whatsapp berisi informasi bisnis Anda. Mulai dari nama, alamat, kategori bisnis, deskripsi, email, dan situs situs web. Menu Informasi tidak ada di profil WhatsApp Messenger.

Pelanggan dapat dengan mudah melihat informasi ketika mengunjungi profil bisnis Anda.

Prosedur untuk mengedit profil bisnis Anda sangat mudah. Prosedur berikut untuk mengedit profil bisnis Anda.

  1. Buka Whatsapp Business> Klik opsi lain atau> Pengaturan> Nama Bisnis Anda
  2. Klik Edit
  3. Ketuk bidang apa saja untuk memperbarui> Simpan.

Pada profil Akun Bisnis WA, Anda juga dapat menambahkan halaman Facebook dan Instagram. Caranya adalah memasukkan URL pada salah satu formulir atau kolom situs web.

Pesan otomatis

WhatsApp Business menyediakan tiga fitur replikasi otomatis yang tidak tersedia di WhatsApp Messenger. Ketiga fitur ini adalah sebagai berikut.

Away Message

adalah fitur balasan pesan otomatis ketika ada pesan yang masuk dari pelanggan di luar jam kerja atau ketika bisnis tidak beroperasi. Anda dapat membuat balasan pesan otomatis yang sesuai dengan preferensi Anda.

Pesan ucapan

adalah fitur balasan pesan otomatis yang dapat Anda kirim ketika pelanggan pertama kali menghubungi Anda.

Pesan Salam

Balasan cepat. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuat teks balasan untuk hal-hal yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Mudah, buat beberapa pesan balasan yang cenderung diminta oleh pelanggan tentang bisnis Anda.

Balasan cepat

Ketika ada pesan yang masuk, Anda hanya perlu mengetikkan simbol “/”, balasan cepat akan muncul sebelumnya. Bagaimana, ini sangat menghemat waktu?

Katalog

WhatsApp Bisnis menyajikan fitur katalog untuk menampilkan produk dalam profil whatsapp bisnis Anda. Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk yang dapat dilihat oleh konsumen saat melihat profil Anda.

Dalam katalog, konsumen tidak hanya melihat foto produk, tetapi juga melihat informasi terperinci dan harga produk.

Cara Menggunakan WhatsApp Fitur Katalog Bisnis terbuka Menu Pengaturan> Pengaturan Bisnis> Katalog.

Maka Anda hanya perlu menambahkan foto, deskripsi, deskripsi, dan harga produk. Anda juga dapat menambahkan tautan terkait dengan produk. Misalnya, Anda dapat memberikan tautan ke toko online Anda. Fitur katalog ini dapat menampilkan foto produk hingga 500 foto.

Statistik Pesan

Di Whatsapp Business, Anda dapat meninjau jumlah statistik yang dikirim, diterima, dan dibaca. Fitur ini membantu Anda meninjau pesan yang efektif.

Untuk memeriksa statistik Anda, buka WhatsApp Business> Klik tombol Menu> Setelah> Pengaturan Bisnis> Statistik

Kategori Bisnis

Di kolom profil di Whatsapp Business, ada menu kategori bisnis. Anda dapat memilih kategori bisnis yang sesuai melalui daftar dropdown terdaftar. Namun, jika kategori bisnis Anda tidak dalam daftar kategori bisnis, Anda dapat memiliki menu “Lainnya”.

Keberadaan kategori bisnis ini dapat memfasilitasi pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang Anda jalankan. Tentunya fitur ini tidak akan ditemukan di WhatsApp Messenger.

Label

Fitur label adalah fitur pengelompokan obrolan berdasarkan kriteria tertentu. Pesan pengelompokan yang terkandung dalam bisnis Whatsapp, antara lain, prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan pesan jadi. Anda dapat menghapus label atau menambahkannya sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan fitur ini, Anda dapat membedakan obrolan mana yang belum dilakukan atau telah melakukan pembayaran. Anda juga dapat menindaklanjuti bagi pelanggan yang belum melakukan pembayaran.

Prosedur berikut untuk mengoperasikan fitur label.

  • Terapkan label

Ketuk dan tahan Obrolan> Pilih Label> Anda dapat menerapkan label yang ada atau menambahkan label baru ke obrolan.

  • Temukan konten berlabel

Untuk menemukan konten yang telah diberi label membuka layar obrolan> Klik tombol menu> Label> Klik salah satu label yang ingin Anda lihat

  • Kelola label

Untuk mengelola label membuka layar obrolan> Klik tombol menu> Label. Dalam menu ini, Anda dapat melakukan beberapa pengaturan seperti,

  1. Edit atau hapus label
  2. Tambahkan warna ke label untuk membuatnya lebih mudah dibedakan
  3. Buat pesan siaran yang dapat dikirim ke beberapa pelanggan dengan label tertentu.

Periksa cek akun bisnis

Bisnis Whatsapp akan memverifikasi akun bisnis melalui nomor telepon yang telah terdaftar. WhatsApp Business akan memberikan pemeriksaan hijau pada akun yang diverifikasi.

Jika akun Anda diverifikasi oleh akun bisnis resmi, pelanggan Anda akan melihat tanda centang hijau pada profilnya atau di sebelah judul obrolan. Selain itu, nama bisnis Anda akan terlihat meskipun pelanggan belum menyimpan kontak Anda.

Dengan fitur ini, bisnis Anda terlihat lebih kredibel dan profesional, bukan?

3 Keuntungan Whatsapp Bisnis untuk Bisnis Anda

Cara Membuat Akun Bisnis Wa
Cara Membuat Akun Bisnis Wa

Menggunakan WA Bisnis adalah pilihan yang tepat untuk bisnis Anda. Ada banyak keuntungan dari aplikasi yang dapat membantu menghibur bisnis Anda. Di sini kami menjelaskan beberapa manfaat bisnis whatsapp untuk bisnis Anda.

Komunikasi dengan pelanggan lebih mudah

Manfaat utama menggunakan bisnis Whatsapp untuk pebisnis mudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur Balas Otomatis, seperti pesan tandang, pesan ucapan, dan pesan cepat akan sangat membantu Anda membalas pesan dengan pelanggan.

Selain membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk membalas pesan, komunikasi yang didirikan dengan pelanggan akan baik. Anda harus setuju jika komunikasi yang baik dengan pelanggan adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis Anda.

Untuk pemilik bisnis, terutama bisnis toko online, memiliki informasi kontak bisnis untuk keperluan komunikasi dengan pelanggan adalah salah satu fitur wajib yang harus dimiliki. Keberadaan informasi kontak bisnis akan membantu Anda mengoptimalkan layanan pelanggan.

Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur label dan statistik. Dengan fitur ini, Anda akan dengan mudah menindaklanjuti pelanggan. Misalnya bagi pelanggan dengan label “tidak dibayar”, Anda dapat menindaklanjuti hanya kepada pelanggan yang diberi label “Unpidge”.

Anda mungkin tidak mendapatkan manfaat ini jika Anda hanya menggunakan WhatsApp Messenger.

dapat diandalkan

Tidak dapat dipungkiri bahwa di dunia bisnis online, kejahatan oleh individu yang tidak bertanggung jawab harus selalu mengintai.

Baik pembeli dan penjual harus selalu sadar dan memeriksa sebelum melakukan transaksi. Ini dilakukan untuk menghindari tindakan kriminal.

Dengan fitur profil bisnis, pembeli dapat dengan mudah memeriksa informasi bisnis Anda. Anda dapat meyakinkan calon pembeli bahwa bisnis Anda dapat dipercaya dan profesional.

Apalagi jika Anda memiliki situs web toko online Anda sendiri, Anda dapat membangun branding yang kuat sehingga bisnis Anda terlihat lebih tepercaya.

Anda tidak perlu bingung dengan membuat situs web. Anda dapat membuat situs web Anda sendiri untuk bisnis, meskipun Anda bukan programmer situs web atau pengembang.

Buat Store Situs Web Sekarang – Lebih Hemat 75%

Mudah mempromosikan produk

Selain berkomunikasi, bisnis Whatsapp juga dapat digunakan untuk tujuan pemasaran dan promosi.

Baru-baru ini, WhatsApp Business meluncurkan fitur katalog untuk bisnis Anda. Anda dapat menampilkan produk Anda pada katalog, lengkap dengan deskripsi dan harga produk. Fitur-fitur ini akan memudahkan konsumen untuk melihat produk yang Anda tawarkan.

Jika Anda memiliki produk baru pada katalog Anda, Anda dapat menyebarkan tautan produk ke pelanggan, baik dengan mengirim pesan siaran atau media lain, seperti Instagram atau Facebook.

Bagaimana, apakah Anda siap mempromosikan produk Anda? Maksimalkan peluang bisnis Anda dengan bisnis Whatsapp!

Maksimalkan peluang bisnis Anda dengan Whatsapp Bisnis!

WhatsApp Business adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk pemilik bisnis. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, aplikasi ini harus yang Anda miliki.

Ditambah fitur yang mereka miliki, Anda akan dengan mudah mengontrol bisnis, mulai dari menjaga komunikasi dengan balasan pesan otomatis, meninjau statistik pesan, pengelompokan pesan sesuai dengan kriteria tertentu, dan mempromosikan produk.

Ingin tahu rahasia kesuksesan bisnis online? Kami juga menyediakan tips ebook untuk sukses dalam menjalankan bisnis online yang berisi:

  • Cara memulai bisnis online
  • Strategi promosi online melalui SEO
  • Pemasaran media sosial.
  • Membuat blog untuk bisnis
  • Email Pemasaran.

Itu lah beberapa pembahas mengenai cara membuat akun bisnis wa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Tinggalkan komentar