Cara Jual Foto di Shutterstock 2021

Cara Jual Foto di Shutterstock – Nah, teman-teman kemarin kan kita sudah bahas Aplikasi TikTok yang bisa menghasilkan uang, nah disini kita bahas salah satu Aplikasi yang bisa menghasilkan uang juga nih.

cara jual foto di shutterstock

Shutterstock adalah situs microstoc tebesar dan tingkat penjualannya selama beberapa tahun terakhir. Misi Shutterstock adalah untuk menghubungkan para profesional yang bergerak di bisnis kreatif dengan ribuan kontributor di seluruh belahan dunia. Shutterstock didirikan oleh Jon Oringer pada tahun 2003 dan berkantor pusat di New York City.

Nah teman-teman, Seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi Shutterstock adalah pilihan utama para Microstocker. Bagi mereka Shutterstock adalah salah satu situs microstock favorit dengan jangkauan marketplace yang luas dan tingkat penjualan yang sangat tinggi. Shutterstock adalah primadona bagi para Desainer yang ingin meraup dollar dengan kreatifitas mereka. Para Desainer ataupun Fotografer dapat menjadi kontributor dengan menjual gambar ataupun vector dengan Free royalty.

Buat kalian yang suka fotografi dan sering hunting foto, atau kemana-mana selalu bawa kamera, pasti punya banyak banget koleksi foto yang tersimpan dalam device kamu dong. Nah, daripada koleksi foto-foto itu hanya tersimpan rapi dan hanya memenuhi memory saja, lebih baik di monetize lewat stock foto library / marketplace (Shutterstock), supaya bisa jadi penghasilan tambahan teman-teman.

Fotografer yang berjualan hasil karya mereka di Shutterstock dinamakan Kontributor Photograpghy. Foto yang kalian jual itu akan di beli dengan Lisensi menggunakan sistem Royalty. Artinya bisa dibeli dan dipergunakan oleh siapapun selama dia membelinya dari Kalian. Jadi lisensi utamanya masih ada sama Kalian.

Dulu untuk menjadi Kontributor di Shutterstock masih cukup sulit, karna kalian harus mengupload beberapa hasil karya foto terbaik kalian dan scan identitas yang diakui Dunia Internasional, salah satu contohnya adalah Paspor. Eits tenang teman-teman saat ini untuk mendaftar menjadi Kontributor di Shutterstock cukup mudah, hampir sama seperti kalian mendaftar Sosial media seperti Facebook, Instagram dan lain-lain dengan syarat kalian mempunyai email aktif saja kalian sudah bisa mendaftar menjadi Kontributor di Shutterstock.

Menjual atau menguangkan karya kamu lewat Shutterstock sangat mudah dan tanpa dipungut biaya apapun. Nah, teman-teman selain itu, setiap foto yang tidak memenuhi kriteria juga mendapatkan feedback seperti saran dan masukan. yang tentunya berguna untuk membantu teman-teman memperkaya pengetahuan dan skill photography teman-teman.

Kalau kalian ingin tahu berapa penghasilan yang kira-kira bisa kalian terima setiap ada pembeli yang download karya kamu bisa dilihat dari tabel keterangan pendapatan (Earings Breakdowns) Berikut tabelnya :

Screen Shot 2017 05 24 at 4.19.38 PM 2

Nah teman-teman, disini Shutterstock punya 2 macam paket dasar untuk pembeli, namanya Subscription dan on Demand ini dibagi menjadi 2, yaitu On Demand dengan Any Size. Diluar paket itu, ada satu paket lagi yang disebut dengan Enhanced License Image, nah, ini adalah paket yang memiliki license berbeda dari license lainnya, karena license ini khusus Billboard, penggunaan pada Marchandise.

Nah teman-teman, Kalau dari segi harga, Subcription harga per imagenya kurang lebih Rp 6.000 per download. Kalau untuk On Demand dengan size S dan M, harga per image nya kurang lebih Rp 54.000 per download. Sedangkan untuk on Demand Any Size, harga per image nya kurang lebih Rp 127.000 per download. Untuk Enhanced License, harganya kurang lebih Rp 1.000.000 per download.


Cara Jual Foto di Shutterstock dan Menjadi Kontributor di Shutterstock.

  1. Mendaftar di Web resmi Kontributor Shutterstock, untuk jadi kontributor di Shutterstock disini. Daftar Jadi Kontributor di Shutterstock.
  2. Punya akun Paypal. Kalau belum punya, bisa langsung daftar / Sign Up di website Paypal. Karna penghasilannya nanti akan ditransfer ke account yang didaftarkan. Atau ada Payyouner dan Skrill untuk Paymentnya, disini saya menggunakan Paypal, jadi saya menyarankan Paypal untuk teman-teman.
  3. Isi Form Pendaftaran dengan data yang benar untuk mempermudah proses pencairan uang dari karya kalian yang terjual.
  4. Verifikasi akun lalu Login kembali dengan email dan password yang sudah di daftarkan sebelumnya.
  5. Sangat mudah kan teman-teman daftar jadi Kontributor di Shutterstock.

Nah, untuk selanjutnya kita akan membahas tentang foto seperti apa sih yang layak untuk di upload di Shutterstock?

Foto-Foto yang Layak Diupload dan Dijual di Shutterstock.

Nah, disini yang jadi pertanyaan teman-teman Foto apa saja sih yang bisa diupload di Shutterstock? saya akan menjelaskan sedikit. Sebenarnya foto apa saja bisa diupload di Shutterstock selama foto tersebut mempunyai ukuran 2000 x2400 pixel berarti ukuran pixel foto kalian sebesar 4.8 Megapixel yang artinya lolos untuk bisa diupload di Shutterstock. Jadi jika kalian baru memulai setingan foto di kamera kalian jangan kurang dari 4 Megapixel.

Model foto apa saja bisa kalian upload teman-teman. Kalian bisa mengupload hasil Foto Travelling kalian Foto Kuliner pada saat travelling si suatu tempat atau apapun ynag menurut kalian menarik.

Nah dari apa yang saya baca dan dari pengalaman pribadi saya sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar foto kalian bisa lolos penilaian dari tim Shuttersrock yaitu diantaranya :

  1. Jika dalam foto terdapat model atau talent diharapkan melampirkan form model realease yang formatnya telah diberitahu oleh pihak Shutterstock.
  2. Foto berkualitas baik, tidak shake atau goyang saat pengambilan foto. Tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Jika terlalu terang dan terlalu gelap kalian bisa memperbaikinya lewat aplikasi editing foto yang kalian punya atau bisa juga lewat aplikasi editing seperti Photoshop atau Lightroom. Nah jangan lupa Foto berukuran paling rendah 4 MP.
  3. Isi deskripsi foto yang kita upload dengan menggunakan bahasa inggris yang baik. Karna pengguna Shutterstock rata-rata berbasis bahasa inggris dan curator (penilai) foto di Shutterstock tidak mengerti apa yang dituliskan didalam deskripsi.

Saya rasa dengan memperhatikan hal-hal yang disebutkan diatas tadi, foto-foto yang kita kumpulkan bisa lulus penilaian oleh tim Shutterstock dan selanjutnya ada yang tertarik dengan foto kalian dan membelinya. Nah teman-teman jika kalian tertarik, mulai dari sini cobalah mendaftar menjadi kontributor Shutterstock dan foto terbaik yang kalian punya untuk diupload di Shutterstock.

Nah, teman-teman saya pamit dulu yaaa, mau lanjut cari materi artikel selanjutnya nih hehe. Semoga materi diatas bermanfaat yaa buat temen-temen semuanya. Jangan lupa baca-baca artikel lain dari nihcara.com yaa, semoga temen-temen semuanya menikmati tulisan dari saya. Selamat Menikmati!!!

Tinggalkan komentar