Cara Kirim Aplikasi Lewat Email: 8 Langkah

Meskipun saat ini ada banyak aplikasi yang bisa mentransfer file dengan mudah seperti halnya shareit, namun beberapa orang juga membutuhkan sebuah solusi dimana mereka dapat mengirim file besar dalam jarak yang jauh di Android.

Oleh karena itu kali ini mimin ingin memberikan sebuah cara untuk kirim aplikasi lewat email, sehingga kalian dapat mengirimkanya kepada orang yang memiliki jarak ratusan mil bahkan tak terbatas dimana mereka tinggal.

Mengirim aplikasi lewat Gmail bukanlah hal yang sulit, namun kalian juga tidak bisa asal kirim aplikasinya loh. Karena meskipun ukurannya tidak lebih dari 20mb dan bisa dikirim, aplikasi tidak bisa di instal.

Maka dari itu, mimin hanya bisa merekomendasikan kalian supaya menggunakan metode seperti cara mengirim video lewat email lebih dari 20mb bahkan 100mb yang sudah mimin bahas kemarin yang lebih tepatnya mengirim file dari Google Drive lewat hp.

Dan berikut ini adalah cara kirim aplikasi jarak jauhnya, silahkan baca dan ikuti ya.

Begini Cara Kirim Aplikasi Lewat Email

Berikut ini adalah cara mengirim aplikasi lewat Google Drive yang kemudian menggunakan email Gmail untuk mengirimkanya kepada penerima. Tutorial ini juga bisa untuk mengirim file besar lewat email Gmail, misalnya video ataupun berkas yang lainnya.

Total waktu: 15 menit

Klik tahan aplikasi

Langkah pertama silahkan kalian klik tahan lama pada aplikasi yang ingin dikirimkan, kemudian akan muncul seperti pada gambar diatas dan klik yang bagikan.

Simpan ke drive

Akan ada beberapa pilihan bahkan termasuk Gmail, namun jangan langsung kirim ke Gmail karena meskipun bisa tapi pesan akan terfilter otomatis dan masuk ke label spam aplikasinya pun tidak dapat di install. Maka dari itu silahkan pilih yang simpan ke drive terlebih dahulu seperti cara mengirim file besar lewat email di hp yang lalu.

Judul dokumen aplikasi (opsional)

Kalian bisa memberikan judul kustom pada aplikasi yang disimpan, yang standarnya memiliki nama base.apk. Namun ini hanyalah langkah opsional, jadi jika kalian tidak tahu apa yang seharusnya dilakukan lewati saja ke tahap dibawah ini.

Simpan

Silahkan klik simpan untuk menyimpan aplikasi tadi kedalam Google Drive.

Notifikasi bar atas

Selanjutnya silahkan kalian lihat notifikasi yang ada dibagian bar atas layar smartphone kalian. Dengan cara menarik kebawah layar hp dari bagian paling ujung atas. Maka akan muncul notifikasi pengunggahan aplikasinya, jika prosesnya sudah selesai maka silahkan klik tulisan bagikan link.

Pilih Gmail

Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan lagi seperti yang tadi, pilih saja yang Gmail karena kalian ingin membagikanya lewat email.

Kirimkan link aplikasi

Selanjutnya subjek dan isi pesan email akan terisi secara otomatis, tugas kalian tinggal mengisikan alamat email penerima. Jika sudah silahkan kirimkan email tersebut dengan cara klik tombol kirim (lihat gambar, ikon di pojok kanan atas).

Beri tahu penerima

Agar penerima dapat menginstall aplikasi dengan benar, silahkan beri tahukan prosesnya. Yaitu dengan cara membuka pesan yang telah kalian kirimkan >> dan mintalah dia mengklik tautan yang ada yaitu tautan Google Drive tadi >> kemudian akan muncul pop up pilih akun Google Drive dan mintalah untuk memilih alamat email bebas >> akan muncul pop up lagi yaitu buka dengan dan mintalah untuk mengklik pemasang paket >> kemudian mintalah untuk menunggu prosesnya >> dan akhirnya aplikasi dapat di instal secara langsung tanpa perlu mendownload terlebih dahulu dengan cara klik pasang.

Rangkuman

Dengan tutorial diatas sebenarnya juga bisa untuk kirim video drama lewat email, bisa juga untuk mengirim video lewat email di laptop, mengirim video dari Google Drive ke WhatsApp, ataupun juga mengirim aplikasi laptop lewat email.

Mimin juga sering menggunakan tutorial diatas untuk mengirim file besar lewat Gmail. Karena selain kita bisa memiliki cadangan berkasnya, Google Drive juga bisa menyimpan file hingga 15gb secara gratis.

Sehingga ketika kalian ingin mengirim aplikasi lewat wa tanpa aplikasi tambahan, tutorial tersebut sangat bisa diandalkan. Karena memang bentuknya adalah link, jadi menggunakan media apa saja (misalnya kirim aplikasi lewat Messenger, lewat wa, lewat Facebook) pastinya sangat mudah.

Terlebih lagi seperti yang sudah mimin sebutkan diawal tadi, mengirim file .exe dll lewat Gmail itu akan terkena filter otomatis oleh Google (tujuannya tentu agar pengguna Gmail lebih aman dan nyaman) sehingga tidak bisa dikirim secara langsung dan cara tersebut menjadi cara terbaik.

Terkecuali jika kalian ingin mengirim program lewat email dalam bentuk pdf, maka itu bisa dilakukan dengan mudah dan bisa di pelajari juga di artikel cara mengirim file lewat Gmail.

Ataupun jika kalian ingin tahu proses mengirim folder, bisa juga membaca panduanya pada artikel cara mengirim folder lewat email di hp.

Nah seperti itulah cara kirim aplikasi lewat email ataupun bisa juga disebut dengan cara mengirim file lewat link Google Drive.

Bagikan:

You Might Also Like:

Selesaikan Masalah Bersama nihCara!