Cara Riset Keyword Akurat Untuk Blog Dan Website 2021

Cara Riset Keyword Akurat Untuk Blog Dan Website 2021 Memilih kata kunci yang tepat ini sangat penting karna akan berpengaruh pada performa blog atau website kalian di hasil pencarian. Setiap penulis blog maupun website harus mengetahui apa yang sering di cari audiens atau orang-orang di mesin pencari agar bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk blog atau websitenya.

Setelah kalian sudah menemukan kata kunci yang berkaitan dengan blog kalian . Kalian juga harus mengetahui peta persaingan kata kunci tersebut. Berapa tingkatan kesulitannya untuk berada di paling atas hasil pencarian Google.

Jika ingin punya banyak pembaca di blog kalian , otomatis artikel yang kalian tulis harus muncul di halaman pertama hasil pencarian agar lebih banyak mendatangkan pembaca. Ada penelitian mengatakan kebanyakan orang hanya membuka artikel-artikel di halaman pertama hasil pencarian.

Dengan kalian memilih kata kunci yang tepat, blog atau website kalian akan semakin mudah untuk berada di peringkat teratas hasil pencarian.

Cara Riset Keyword Akurat Untuk Blog Dan Website

Pada dasarnya terdapat empat komponen yang harus diperhatikan dalam riset keyword, di antaranya adalah search volume, keyword difficulty, keyword suggestion, dan SERP.

1. Search Volume

Terkait search volume atau volume pencarian kata kunci, ada dua faktor utama yang harus dipertimbangkan: volume dan daya saing. Kata kunci dengan volune lebih tinggi berarti lebih banyak potensi keterpaparan (atau pangsa tayang), tetapi kemungkinan akan lebih jauh lebih kompetitif. Hal ini, pada gilirannya, mempersulit untuk menentukan peringkat untuk istilah-istilah ini karena kalian mungkin akan melawan penerbit situs yang besar, atau CPC yang lebih tinggi jika kalian menawar istilah ini sebagai bagian dari kampanye penelusuran berbayar. Biasanya keyword tool akan menampilkan banyak pencarian keyword dalam satu bulan terakhir.

Misalnya, search volume sebuah kata kunci menunjukan angka 100.000. Artinya, keyword tersebut dicari 100.000 kali di google dalam kurun waktu satu bulan.

2. Keyword Difficulty (Tingkat Kesulitan Keyword)

Keyword difficulty menunjukan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk berada di halaman pertama hasil pertama pencarian. Umumnya, keyword tool menggunakan skala 0-100. Semakin besar angkanya, semakin sulit kata kunci tersebut untuk meraih posisi pertama hasil pencarian. Biasanya keyword difficulty juga memperlihatkan berapa backlink yang dibutuhkan agar sebuah artikel bisa berada di halaman pertama hasil pencarian. Semaik tinggi keyword difficulty, semakin banyak backlink yang di butuhkan.

3. Keyword Suggestion (Saran kata kunci)

Keyword suggestion adalah saran kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang kalian cari. Misalnya, Kalian melakukan riset keyword untuk kata kunci “membuat website”, keyword tool akan memberikan saran kata kunci seperti “cara membuat website”, “membuat website mudah”.

4. Search Engine Result Page (SERP)

SERP menunjukan halaman-halaman yang menduduki peringkat teratas dalam hasil pencarian keyword yang kalian riset. Fungsinya adalah untuk melihat seprti seperti apa kualitas halaman-halaman yang bisa menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google.

Ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan riset keyword, baik yang berbayar maupun yang geratis.

Tools Riset Keyword

Ada beberapa tools yang membantu kalian melakukan riset keyword. Bebrapa diantaranya ada yang berbayar maupun gratis. Ini dia tools nya :

1. Ubersuggest

Ubersuggest adalah sebuah keyword tool yang di miliki digital marketer ternama, Neil Patel. Kalian dapat menggunakan keyword tool ini tanpa perlu membayar sepeser rupiah pun.

Cara riset keyword dengan Ubersuggest pun cukup mudah. Kalian hanya perlu mengetik keyword apa yang kalian ingin kalian gunakan dan wilayah yang ingin kalian targetkan. Ubersuggest akan memberikan informasi mengenai berapa besar volume pencarian keyword tersebut, kadar kesulitan keyword, dan saran keyword terkait yang bisa digunakan.

Beberapa fitur utama yang di miliki oleh Ubersuggest ialah :

  • Keyword Analyzer – memberikan informasi tentang volume pencarian, tingkat kesulitan dan ide konten dari sebuah kata kunci
  • Competitive Analysis – menampilkan bagaimana persaingan kata kunci utama di bandingkan dengan kompetitor
  • SEO Exploler – memberikan informasi apakah website kalian sudah menerapkan praktik SEO dengan baik

Saya akan memberikan contoh contoh menggunaka keyword “membuat web” sebagai bahan percobaan.

Cara Riset Keyword Akurat Untuk Blog Dan Website

Ubersuggest memberikan 1,378 saran keyword yang berkaitan dengan “membuat website” kalian dapat mengurutkan saran keyword tersebut berdasarkan volume pencarian (search volume), cost per click (CPC), atau nilai kompetisi. Untuk contoh di atas kami mengurutkan saran keyword berdasarkan search volume tertinggi ke search volume terendah.

2. Google Trands

Screen Shot 2018 05 13 at 8.50.32 PM.max 1500x1500 1

Tidak hanya menyediakan mesin pencarian, Google juga menyediakan tool untuk melakukan riset keyword, yaitu Google Trends. Layanan keyword tool dari Google ini di sediakan secara geratis para para penggunanya loh teman-teman. Kalian juga dapat mengatur wilayah sesuai negara yang kalian targetkan.

3. KWFinder

kwfinder big

Keyword tool ketiga adalah KWFinder. Sama dengan Ubersuggest, KWFinder memberikan informasi informasi volume pencairan (search volume), tingkat kesulitan (keyword difficulty), dan SERP dari sebuah keyword

Kekurangan dari KWFinder adalah tidak sepenuhnya geratis. Kalian hanya bisa mencari dua kata kunci secara gratis. Untuk melanjutkan pemakaian, Kalian harus mendaftar sebagai anggota dan kalian dapat melakukan lima riset keyword setiap 24 jam dengan 50 saran kata kunci per pencarian.

4. SEMrush

Keyword tool selanjutnya adalah SEMrush. Sebelum menggunakan SEMrush, kalian barus mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota yang tersedia secara gratis. Di tools ini kalian dapat melihat situs-situs mana saja yang berada di halaman pertama hasil pencarian kata kunci tersebut. Sayangnya, akses akun gratis di SEMrush terbatas. Kalian tidak dapat melihat semua saran kata kunci yang dihasilkan. SEMrush menyediakan versi trial selama 7 hari dan selanjutnya akan dikenai biaya per bulan mulai dari 99 US dolar.

Nah, itu dia saran saya untuk kalian yang bingung mencari keyword untuk menulis di blog kalian. Jika memang masih ada yang membingungkan kalian bisa bertanya di kolom komentar blog nihCara ya teman-teman.

Baca Juga : 10+ Peluang Usaha Sampingan untuk Tambah Cuan

Nah segitu dulu materi tentang Cara Riset Keyword Akurat Untuk Blog 2021 ya teman-teman, semoga dengan adanya tulisan ini teman-teman dapat terbantu!! Terus semangat untuk terus menulis!! Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya salam saya nihCara.com.

Tinggalkan komentar