Belajar Copywriting Untuk Pemula Dengan Cepat 2021

Belajar Copywriting Untuk Pemula Dengan Cepat Apakah kalian pernah membaca konten media promosi iklan dan akhrinya kalian klik iklan tersebut? Jika pernah berarti kalian sudah berarti kalian termasuk orang yang terhipnotis oleh copywriting.

Copywriting bukan hanya pekerjaan menulis kata-kata saja, di balik itu semua harus ada skill yang mumpuni untuk bisa membuat tulisan yang mampu membuat kalian tertarik dengan produk yang di promosikan. Tulisan disini bukan hanya tulisan biasa seperti artikel, copywriting mempunyai teknik yang berbeda.

Apa Itu Copywriting ?

Belajar Copywriting Untuk Pemula

Copywriting adalah salah satu teknik seni penulisan dan tujuannya untuk mendapatkan respon dari audiens atau pembacanya. Media dalam copywriting tidak hanya dalam bentuk tulisan saja, tetapi bisa menggunakan gambar ataupun vidio. Sedangkan menurut wikipedia, copywriting adalah tulisan yang d buat oleh seorang writer tujuannya di sebarkan untuk kepentingan komersil.

Contoh Copywriting

Agar kalian lebih mudah memahami seperti apasih copywriting itu? Nah, disini saya akan memberikan beberapa contoh tulisan yang menggunakan copywriting. Dan memang terbukti bahwa tulisan tersebut dapat menarik audiens. Tunggu apa lagi, let’s go.

1. Copywriting Makanan

Makanan adalah produk yang paling banyak dimanfaatkan untuk mendulang keuntungan utama maupun sampingan. Nah langsung aja nih teks copywritingnya.

“Lezatnya sebuah makanan tak hanya memiliki cita rasa di lidah saja, tetapi juga penampilan menarik, gizi sempurna, dan perpaduan bumbu yang menggugah selera serta membuat ketagihan. Semua olahan kami di masak dengan kualitas setara dengan restoran bintang lima dengan harga yang terjangkau.

2. Copywriting Baju

Selain ada makanan, banyak sebagian orang memilih usaha baju online untuk meraup untung. Nah, ini dia contoh copywriting untuk baju.

“Dapatkan kaos keren dan unik dengan segala ukuran. Kamu bisa pilih desain sesuai dengan keinginnan. Ada diskon 50% untuk pembuatan desain loh, khusus pada kalian yang melakuakan pemesanan dalam jumlah banyak.”

Nah dari kedua contoh di atas, pembaca akan tertarik dengan produk yang kalian jual. Karena isi teks yang di buat bukan asal-asalan loh, apa kalian juga ingin bisa menulis copywriting seperti contoh diatas? yuk langsung di simak !!

Belajar Copywriting Untuk Pemula

Untuk bisa menjadi copywriter yang handal kalian harus mengetahui beberapa hal. Apa saja yang harus di pelajari? Berikut ini akan kami kasih tips menjadi copywritwer handal nih.

1. Mempelajari Produk

Yang pertama harus kalian lakukan adalah mengenali atau mempelajari produk. Tanpa mengenali produk, ataau konten yang ditawarkan kalian tidak akan bisa memasarkannya dengan baik. Disinilah mengapa mempelajari produk menjadi bagian yang sangat penting dalam copywriting.

Setelah kalian mempelajari tentang apa yang kalian jual, ada baiknya jika menuliskan informasi apa yang kalian dapat setelah kalian mempelajari produk tersebut. Ini dilakukan agar nanti kalian punya referensi dalam proses penulisan. Jika memang diperlukan buatlah list informasi produk seperti di bawah ini :

  • Apa saja fiturnya
  • Apa yang unik dari fitur tersebut
  • Apa manfaat yang didapat konsumen dari produk tersebut
  • Informasi dasar produk
  • Cara penggunaan
  • Harga
  • Perbandingan dengan kompetitor

2. Riset Kebutuhan Konsumen

Mengenali audiens atau konsumen kalian tidak kalah penting dengan mempelajari produk. Lakukan riset tentang apa saja yang menjadi kebutuhan konsumen. Karena copywriting akan kalian buat nanti ditujukan pada audiens atau konsumen, jadi materi yang kalian buat harus sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Tujuan dari riset kebutuhan konsumen ini agar produk yang dijual bisa menjawab kebutuhan konsumen kalian. Bagaimana cara meriset konsumen? Agar kalian mendapatkan data yang valid, kalian bisa menggunakan metode survei langsung, misalnya dengan mengajukan pertanyaan “Apa yang membuat kalian tertarik dengan produk kami?”, “Apakah kalian pernah menggunakan produk yang serupa?”, ” Bagaimana pengalaman kalian menggunakannya?”.

Dengan jawaban yang ditanyakan di atas, kalian dapat menciptakan gambaran tentang target audiens yang disebut buyer persona. Gambaran ini juga bisa disebut sebagai referensi.

3. Membuat Headline Copywriting yang Memikat Pembaca

Sebagai yang berada di baris paling atas, headline atau judul tentunya harus dapat memikat audiens. Headline akan menjadi objek yang akan dilihat oleh konsumen pertama kali daripada konten. Nah kualitas copywriting kalian diuji disini, apakah dari copywriting ini bisa menarik minat konsumen untuk meng-klik atau membukanya.

Agar headline kalian menarik, kalian bisa menyertakan hal berikut :

  • Tonjolkan keunggulan konten tulisan – Dalam membuat headline kalian tidak boleh menggunakan kata yang terlalu panjang. Namun, perlu diingat kalian harus memasukan suatu keunggulan agar dapat menarik audiens. Pilihlah penggunaan kata yang sekiranya menunjukan keunggulan dari apa yang ingin kalian tampilkan.
  • Gunakan angka pada awal headline – Menurut penelitian yang dilakukan Neil Patel, headline yang menggunakan angka bisa meningkatkan sebesar 73% interaksi pembaca. Karna angka memberikan visual yang berbeda dibaris headline yang kalian buat. Secara tidak sadar, mata kalian akan mengarah pada sesuatu yang memiliki perbedaan dengan yang lain.
  • Mengajukan pertanyaan yang propokatif – Cara membuat headline yang menarik audiens yang selanjutnya adalah mengajukan pertanyaan yang propokatif. Yang dimaksud propokatif di sini adalah berbicara tentang bagaimana headline tersebut dapat menghipnotis alam bawah sadar audiens. Seperti seruan giveaway atau diskon, itu juga akan membuat audiens tertarik.

4. Call To Action

Yang dimaksud call to action disini adalah istilah pemasaran yang mengacu pada konten, seperti gambar, tombol, atau garis teks, yang bertujuan untuk meminta pengguna atau audiens melakukan tindakan tertentu. Contoh kalimat call to action seperti subscribe sekarang, klik disini, daftarkan diri anda segera, hubungi kami, dan masih banyak lagi.

5. Tulis Copy yang Berkualitas

Bagian ini juga tidak kalah penting di banding dengan empat contoh yang saya tuliskan di atas. Kalian tidak boleh melupakan bagian utama tulisan. Dalam copywriting, bagian ini disebut copy.

Dalam urutan pembuatan agar pembaca tidak pergi karna bosan dengan tulisan kalian, maka usahakan buat paragraf pembuka semenarik mungkin. Ada beberapa cara dalam membuat paragraf, pertama menarik dengan menyisipkan rasa empati, memberikan fakta dan membuat audiens penasaran.

Selanjutnya dalam pembuatan copy gunakan bahasa yang mudah di pahami audiens. Gunakan kata yang sering dipakai saat berkomunikasi sehari-hari. Panjang kalimat tidak perlu panjang-panjang yang terpenting kalimat yang disampaikan dapat dimengerti. Sebutkan juga manfaat serta kelebihan produk yang dimiliki dibandingkan dengan kompetitor.

Gunakan kata ganti orang pertama “Anda/Kamu” agar seolah-olah tulisan yang anda buat berbicara langsung dengan pembaca. Dengan begitu pembaca dapat menangkap apa yang kalian tulis. Copywriting yang lebih personal akan menghasilkan konversi yang lebih besar.

Baca Juga : Cara Riset Keyword Akurat Untuk Blog Dan Website 2021

Sampai disini dulu pembahasan mengenai copywriting untuk pemula. Semoga kalian dapat mencerna tulisan yang saya buat. Sampai bertemu lagi dengan saya di pembahasan-pembahasan selanjutnyaaa!! Selamat membaca.

Tinggalkan komentar